Tahok Rp. 4.000

Tahok apa itu tahok, pertama kali dengar sempat saya berpikir bahwa istilah ini adalah umpatan. walhasil ternyata saya salah besar, ini merupakan makanan tradisional yang terbuat dari kedelaišŸ™‚

Oke mungkin orang jakarta dan jawa barat sekitarnya lebih mengenal makanan ini dengan kembang tahu, tidak tahu mana yang lebih dulu namun saya sangat terkesan untuk menceriterakan kisah Tahok dari kota Solo
Image
Adalah pak Citro yang memulai usaha ini sejak tahun 1968 hingga sekarang, beliau merupakan salah satu dari 18 belas orang yang menjajakan panganan ini semenjak tahun 70an. Panganan ini dibuat dengan bahan dan proses yang sama dengan tahu, namun mengapa sampai namanya dianugerahi dengan akhiran K, ternyata ada satu proses yang berbeda dibandingkan dengan pembuatan tahu. Yakni pada proses penyaringan kedelai dilakukan berulang-ulang kali. hingga warnaya benar-benar putih dan jernih atau bisa juga disebut tahu yang tersucikanšŸ™‚ voillaaa jadilah Tahok.Ā Penyajian tahok ditambah dengan kuahnya yang legit yang terbuat dari campuran gula jawa dan jahe, sehingga rasa kedelai bercampur dengan manisnya gula jawa dan jahe menghasilkan rasa yang Unik menurut saya.
Ā Image
Image
Jika ingin berkunjung, pak Citro datang ke pasar gede solo, tepatnya di seberang pintu masuk pasar gedeĀ dari pukul 06.00 WIB hingga jam 16.00 atau jika sudah habis. Tiap harinya pak Citro menyiapkan tahok untuk 100 mangkok, sehingga jika ingin mencicipi nya semoga saja anda tidak menjadi orang yang ke 101.Ā Panganan ini dibandrol dengan harga empat ribu rupiah saja.
Sayangnya penjual tahok di solo sekarang tinggal 4 orang, salah satunya adalah pak Citro ini.Ā Anake raono sing neruske mas, sing liane yo wis dho tuwo, ana sing wis mati, dadi yo sui sui ilang mengko, begitulah kekhawatiran beliau bahwa tradisi tahok ternyata bernasib hampir sama dengan kebudayaan-kebudayaan indonesia lainnya, dimana para generasi muda kurang peduli dan tidak tertarik meneruskan sementara konservasi untuk pelestariannya sama sekali tidak ada yang melanjutkan. Mungkin suatu waktu kita sampai pada saat dimana tahok hanyalah sejarah yang terpendam di dalam ribuan halaman di internet ini.
Image

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s