Hesychia

 

Nampak bagus ya kata itu kalo disebutkan, dan ada seseorang yang berkomentar klo akan menjadikan nama itu sebagai nama anaknya kelak, hmpffff its an wonderful name actually.

tapi sebenarnya kata itu aku dapat dari sejarah Tuhan nya Karen Armstrong. Hesychia adalah sebuah sikap yang berarti ketenteraman atau keheningan batin.

Paus Gregory yang agung (540-604) salah seorang hesychast mengatakan bahwa Tuhan merupakan pengalaman yang menegangkan, dia merasakan bahwa Tuhan sangat sulit untuk dijangkau. Maka satu-satunya cara untuk mengetahui Tuhan adalah dengan menyadari bahwa kita tidak bisa sepenuhnya mengetahui apapun tentang dia.
“Sebelum merasakan manisnya Tuhan, jiwa mesti bertarung mencari jalan keluar dari kegelapan yang merupakan unsur alamiahnya”.

Baru-baru ini seorang teman bertanya apakah artinya traveling jika yang kaudapatkan hanyalah foto (gambar diam). Disini dia mulai menanyakan apa esensi dari perjalanan itu jika kita hanya mencari foto. Lantas saya menjawab bahwa tidak ada yang perlu dikoreksi dari keinginan seseorang untuk mengabadikan suatu perjalanan dalam sebuah gambar. karena esensi itu sangat subjektif dan bentuk imateri pun sah untuk dijadikan esensi.

Kaum hesychast menyebutkan bahwa esensi Tuhan (ousia) itu bisa diperoleh melalui energi atau aktivitas di alam. Proses meraba – menyentuh – mendaki – menyelami – melintasi energi inilah yang merupakan media untuk memahami apa esensi dari mengapa kita ada seperti dalam filosofi jawa disebutkan “sangkan paraning dumadi” yang berarti “dari mana dan akan kemana semua ini”. Kegiatan outdoor seperti jalan-jalan, mendaki, menyelam, dan ribuan kegiatan lainnya dapat menjadi salah satu bentuk hesychia.

Proses memperoleh ketenteraman atau keheningan batin bisa diperoleh dengan beragam cara, karena hesychia sendiri adalah suatu kegiatan yang subjektif dan tidak dapat ditularkan kepada orang lain kecuali dirinya mengalami secara pribadi rasa tentang kehadiran itu. Pengalaman hesychia di era modern ini bisa berupa tulisan, lukisan, foto, video, dll. Namun karena hesychia sendiri merupakan suatu perenungan sehingga terkadang pengalaman itu masih tidak dapat tersampaikan dengan hal-hal tersebut diatas. sehingga seorang hesychast memerlukan media untuk mengingat kembali dari pengalaman pribadi mereka untuk mengulangi dan memperkuat pengalaman hesikasi mereka. Dan menurut saya olahraga paling Hesychia adalah free diving, karena dalam ritual hesychast kuno mereka melakukan yoga dan olah pernafasan dalam melakukan perenungan. So Lets go Free Diving🙂

Image

Jadi tidak salah kalau saya menyebutkan bahwa seorang traveler merupakan seorang hesychast karena dalam pengembaraannya mereka berusaha menemukan esensi dari energi yang ada di alam semesta.

Image
Image
Image
…….
-tulisan ini diinpirasi oleh Karen Armstrong dan seorang travelist-

6 comments on “Hesychia

  1. merzyta says:

    ga semua foto perlu credit tittle yah? anyway, aku suka fotonya, keren. dan tentu nama calon anak itu! LOL🙂🙂

  2. primoseto says:

    wow.. keren baik tulisan maupun fotonya.. saya juga sedang mendalami freediving.. ketenangan memang hal yang kita rasakan dibawah sana. posisi saya di jakarta-lombok pp. salam kenal sebelumnya.. oh iya saya juga mencoba menulis tentang freediving dari kacamata subyektif saya sendiri.

    • Arki says:

      wohoho salam kenal mas primoseto, saya harus panggil mas seto atau primo nih🙂
      Blognya bahasa inggris ya, hahaha saya masih belum ahli kalau menulis bahasa inggris😀
      sudah sering menyelam sebelumnya kah dengan SCUBA atau hanya freediving? itu foto saya saya ambil dari pulau menjangan, bali barat

  3. merzyta says:

    Aku memang terlupa maknanya, tapi ternyata masih sangat mengingat ejaannya, by searching HESYCHIA😉

Leave a Reply

